Monday, August 15, 2011

Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa


Bulan ramadhan telah tiba,, yeahhh .... Bulan puasa, bulan buat memperbanyak pahala kita di dunia,.. hmm,, emang pas banged ya momennya,.

Tapi hebatnya adalah,, pas puasa cuaca panas,, paling mantab emang buat tidur seharian dari pagi ampe menjelang buka,... hahha,.. bantab banged dah,.. (emang dasar saya aja yang males,.)

Well,. Walopun tidur waktu puasa itu ibadah tapi log tidurnya ampe kayak kebo itu mah kebangetan,..
So, biar puasa tetep jalan tapi gag bikin lemes atau malah bikin males,.. saya bagiin tips bugar waktu puasa buat yang jalanin ibadah puasa,.

1. konsumsi air putih

Santai, gak perlu habisin se-galon tiap hari,.. cukup 8 gelas tiap hari,. 4 pas buka and 4 gelas saat sahur,.. tapi gelasnya jangan yang ukuran 1 liter setengah sob,.. :-D

2. makan makanan sehat

Saat puasa juga harus peduli sama kesehatan, makanan pun juga jangan sampe sembarangan,. Kebiasaan banyak orang pada bales dendam pas buka dengan makan makanan buanyak banged tapi kurang mengandung gizi seimbang,. (hahha,, saya banged),.

Hal itu super salah,, waktu puasa sebaiknya juga mengkonsumsi menu seimbang, misalnya buah, sayur, kacang-kacangan, dll

3. olahraga

Emang paling males log denger kata olahraga pas puasa,. Paling enak nongkrong depan tv sambil nunggu bedug maghrib,. Hehhe,.. eitss,.. tapi olahraga penting loh saat puasa,. Biarpun puasa harus tetep olahraga karena bisa menjaga kesehatan tubuh,. Waktu yang baik buat olahraga saat puasa adalah 1 jam sebelum berbuka puasa,..

4. tidur cukup

Tidur cukup emang disaranin buat menjaga kebugaran tubuh saat puasa,. Soalnya kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala, gelisah dan masalah pencernaan yang buruk,. (tapi bukan tidur sepanjang hari,..hohho)

5.  sahur

Walaupun berat pagi2 harus bangun buat sahur, tapi sahur penting buat kita untuk memulai puasa,. Menu sahur pun harus seimbang dan usahakan sahur sebelum imsyak utuk mencegah terlewatnya shalat subuh,..

6. menjaga kebersihan mulut dan gigi

Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau juga baik untuk membunuh kuman penyebab bau mulut,..

7. perbanyak kebaikan

Bulan ramadhan adalah bulan untuk memperbanyak kebaikan, meningkatkan amalan dan mendekatkan diri kepada Allah,.. banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di bulan penuh berkah ini, antara lain tadarus, melakukan shalat sunah dan memperbanyak sedekah. Selain dapat membuat jiwa menjadi bugar dan tenang,. Kegiatan tersebut juga akan membuat hati kita terasa damai dan tentram,..


Akhir kata,.. selamat menunaikan ibadah puasa,. :-D

No comments:

Post a Comment