Friday, May 12, 2017

Puncak B29 "Negeri Diatas Awan" Lumajang

Pada tanggal kecepit di bulan April lalu kami (saya dan suami) mencoba mengunjungi wisata yang sudah tak asing alias udah umum terkenal akan keindahan pemandangannya di Lumajang yaitu B29, yang katanya jika kita kesana dan sampai di puncak bisa melihat secuil keindahan surga di Indonesia. Wahh..penasaran... :)

Mengapa kita pilih Lumajang? karena ibu mertua saya asli Lumajang jadi saudara dari ibu saya kebanyakan ada di Lumajang. Biasanya kalau kesana jadwalnya silaturahmi ke saudara dan nyekar ke makam Eyang. Nah, berhubung disana ternyata banyak destinasi wisata yang menarik dan gak kalah indah dengan tempat lain jadi sambil menyelam minum air gitu deh kita mencoba untuk mengeksplore (eh, kok kayak acara TV yg ngetrip2 gitu,.) RALAT.,.kita mencoba untuk mengunjungi salah satu destinasi favorit yang ada di sana yaitu Puncak B29. :)

Kami sekeluarga (saya, suami, ayah dan ibu mertua) berangkat dari Surabaya hari Jumat pagi agak menjelang siang lah ya..sekitar pukul 10.00 WIB. Niatnya sih berangkat pagi jam7an lah biar di perjalanan juga gak panas tapi berhubung masih ada tugas negara alias pekerjaan rumah yang harus diselesaikan jadi ya harus dikerjakan. hhhhhhh.... :(

Alhasil setelah cucian beres kita pun berangkat,.yeeee... Bismillah,.. :)

Perjalanan dari Surabaya ke Lumajang sekitar 4 jam. Fiuh..lama ya...melewati kota Pasuruan dan Probolinggo. Sampai disana langsung menuju rumah Tante di daerah Wonorejo. Sorenya saya dan suami nyekar dulu di makam Eyang Uti dan Eyang Kung. Paginya di hari Sabtu kita berangkat ke Puncak B29. Yeee.... :)

Berangkat dari rumah Tante pukul 06.00 WIB naik motor (pinjam ke Om..hihi). Perjalanan ke Puncak B29 dari kota Lumajang sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 40 Km ke arah Senduro. Dari arah Senduro mengikuti jalan hingga tiba di Desa Argosari. Disana akan bertemu dengan gerbang selamat datang "Kawasan Wisata B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang" (gerbangnya lupa difoto). Mulai dari sini menuju ke atas atau puncak jalannya berliku-liku, berkelok-kelok dan menikuk tajam. Hati-hati ya...jika tidak cukup nyali dan kurang PD (percaya diri) dengan kendaraan yang dibawa lebih baik menggunakan jasa ojek untuk sampai di atas. Tapi berhubung suami saya percaya diri untuk sampai keatas dengan kendaraan sendiri,.ya walaupun sebenarnya kondisi kendaraan yang kami gunakan saat itu kurang prima, kita nekat berusaha ke atas tanpa bantuan ojek.

Niat hati ke atas dengan naik kendaraan sendiri, namun ternyata jalan terlalu sulit dan kondisi motor terlalu rumit akhirnya suami saya menyerah dan mengikhlaskan saya untuk naik ojek dan dia naik motor sendiri ke atas. Padahal jaraknya tinggal beberapa meter lagi. Katanya sih biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan istrinya. Cieeeeeeeee.....hihi :)

Alhamdulillah sampai juga di atas setelah perjuangan yang melelahkan. And....Welcome To Puncak B29!!!!!!!!!

Sampai disana kita harus melewati beberapa anak tangga dan berjalan kaki untuk sampai di puncak.

Daaaannnn.. Voilaaaa...!!! ini dia Puncak B29. Dengan ketinggian 2.900 mdpl, udara di sekitar dingiiinnn banget walaupun kita nyampe disana udah jam 8 pagi. Karena ternyata lokasinya memang jauh lebih tinggi dari Puncak Gunung Penanjakan Bromo dengan ketinggian 2.770 mdpl. Oalah...
Berikut pemandangan yang luar biasa indah dari Puncak B29. Subhanallah...

Di atas puncak juga ada yang mendirikan tenda untuk berkemah. Wihh...gak bayangin gimana dinginnya tidur disana. Mungkin saya akan beku (Hhhh..lebay..hihi). Tapi please banget buat teman-teman yang ingin berkunjung kesana atau ingin berkemah disana, please buang sampah pada tempatnya. Hal yang terdengar simple tapi terkadang atau bahkan sering tidak dilakukan. Karena sepanjang jalan menuju puncak masih dan masih terlihat sampah bungkus makanan atau minuman disana sini. Itu sampah anda jadi please bertanggung jawablah dengan sampah yang anda hasilkan. Bawa kembali turun dan buang ke tempat sampah. Karena buang sampah sembarangan itu gak KECE! :)

Awan-awan putih kecil nan lembut mulai menghilang perlahan seiring matahari yang mulai naik dan mulai tampak Gunung Bromo dan deretan bukit Teletubies serta  lautan pasir Bromo. Jadi ini saatnya kita kembali turun dan pulang. Hm, sedih karna cuma sebentar :(
Tapi Insya Allah lain waktu kita kesini lagi. :) Bye awan-awan kecil...